Bagaimana Cara Merawat Hewan-hewan Yang Kita Sayangi

Bagaimana Cara Merawat Hewan-hewan Yang Kita Sayangi

Saturday 29 October 2016

Cara berkenalan dengan anjing

Banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara berkenalan dengan anjing yang baru pertama kali mereka temui. Mungkin tidak masalah jika anjing yang ditemui adalah anjing yang friendly atau sudah terbiasa dengan manusia, namun bagaimana jika anjing yang ditemui adalah anjing yang penakut atau kurang bersahabat dengan orang asing? Tidak heran jika kadang cara berkenalan yang salah malah mendapat sambutan yang tidak menyenangkan atau bahkan berakhir dengan digigit oleh anjing. Yang kemudian malah anjing yang disalahkan dan dijadikan pemberitaan seolah anjing menjadi masalahnya.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya baca cara atau aturan berkenalan dengan anjing yang benar seperti dibawah ini :

Rule #1 - Tetap Pada Posisi Anda dan Biarkan Anjing Mendekati Anda
Selalu biarkan anjing yang mendekati Anda, tidak peduli walaupun anjing terlihat bersahabat. Kenapa? Karena hal ini memungkinkan anjing untuk berinteraksi dengan Anda dengan caranya, dan memutuskan apakah Anda aman atau tidak baginya. 


Rule #2 - Menghormati Ruangnya
Bagi pecinta anjing biasanya memiliki kecenderungan ingin berada sedekat mungkin ketika sedang mengelus anjing. Tapi bayangkan jika Anda menjadi mereka: bertemu orang baru yang kemudian segera membungkuk di atas Anda, dan menaruh tangannya di kepala Anda dan mendekatkan wajah mereka sangat dekat dengan Anda. Apa yang akan Anda lakukan?

- JANGAN MEMBUNGKUK DIATAS ANJING. Daripada melakukan itu, akan jauh lebih baik jika Anda berlutut sehingga lebih hampir sama setingkat tingginya dengan si anjing dan arahkan tubuh Anda sedikit ke samping dari posisi anjing sehingga membuat Anda berada pada posisi yang tidak mengancam baginya. Anda akan kagum ketika melihat ternyata banyak anjing yang berhasil "ditaklukan"" ketika Anda melakukan sambutan sopan dengan cara ini. 


- JAGA TANGAN ANDA TETAP PADA POSISI. Anda mungkin pernah mendengar bahwa ada saran yang menyarankan untuk mengulurkan tangan Anda ke arah anjing sehingga mereka dapat mengendusnya. Untuk anjing yang pemalu atau penakut, uluran tangan tersebut bisa terlihat seperti Anda hendak meraih/menggapai mereka, yang malah membuat mereka jadi tidak percaya dengan Anda. Anjing memiliki 250 juta reseptor bau dibandingkan dengan kita manusia yang hanya memiliki 5 juta, yang membuat mereka mampu mengendus bau Anda dengan sangat baik tanpa Anda harus mengulurkan tangan ke arahnya.

- JANGAN MENGELUS ATAS KEPALA. Mengelus atas kepala anjing merupakan intimidasi bagi mereka. Anjing lebih suka ketika tindakan mengelus datang dari arah bawah, seperti mengelus bagian bawah dagu atau pipi mereka. 

- MENJAUH DARI WAJAH SAYA! Apa yang membuat kita berpikir bahwa anjing suka ada orang asing yang benar-benar dekat dengan wajah mereka? Apakah kita sendiri suka seperti itu? Tentu saja tidak. Tidak hanya berlaku bagi anak kecil bahkan orang dewasa juga: Jaga jarak kira-kira 1/2 meter dapat menyelamatkan wajah Anda (Dari digigit atau dicakar). 

Membiarkan anjing yang memutuskan bagaimana dan kapan untuk mendekati Anda dapat membuat perbedaan yang besar.

Rule #3 - It's Ok Jika Anjing Tidak Menyukai Anda
Kadang ada orang yang mungkin penasaran mengapa anjing ia temui tidak menyukainya dan terus melakukan usaha agar si anjing menyukai mereka. Tetapi kenyataannya, semakin Anda mencoba mengejar seekor anjing yang penakut, maka malah semakin meyakinkan mereka bahwa Anda menakutkan dan cukup kasar. Cara yang lebih baik adalah, mundur, hentikan kontak mata, dan berikan kesempatan baginya untuk mengenal Anda dengan caranya sendiri.

Jika ia tidak mendatangi Anda, that's okay. Dengan memberikan ruang baginya, Anda baru saja mengajarkan kepadanya bahwa tidak semua manusia menakutkan dan kasar.

Rule #4 - Mengendus Bukan Undangan untuk Anda Mengelus
Mengendus adalah cara anjing untuk mendapatkan informasi lebih mengenai Anda. Biarkan anjing mengendus Anda dan lalu lihat kemana ia pergi setelah itu. Apakah ia mengendus Anda dan kemudian kembali pergi atau ia mengendus Anda dan mulai menggoyangkan ekornya.



Anjing yang benar-benar suka dielus biasanya bisa terlihat. Mereka akan mendekat sangat dekat dan bersandar kepada Anda. Mata mereka terlihat "lembut" dan Anda mungkin bisa melihat ada senyuman manis kecil di wajahnya. 

Rule #5 Lihat Reaksi Anjing
Ketika Anda mengelus anjing, elus dia sekali atau dua kali (dibawah dagu, tidak di atas kepala), lalu berhenti dan lihat apa yang terjadi. Jika ia benar-benar menikmati apa yang baru saja Anda lakukan, ia akan bergerak lebih dekat atau memberikan beberapa indikasi lain yang menunjukkan bahwa elusan Anda diterima. Jika ia bergerak menjauh dan tidak kembali, maka itu berarti sudah cukup.

Pedoman Dasar
Saat menghadapi anjing yang tidak dikenal, ikuti aturan-aturan di bawah ini untuk menghindari penyebab umum anjing menggigit:
- Jangan mengelus anjing yang diikat, dirantai, di kandang atau di balik pagar
- Jangan mengelus anjing ketika pemilik anjing tidak ada
- Jangan mencoba untuk memeluk atau mencium anjing yang tidak dikenal
- Jangan mengelus anjing yang sedang makan atau sedang memegang atau mengunyah tulang atau mainan. 

Tips untuk Pemilik yang Memiliki Anjing Pemalu/Penakut
Jika Anda memiliki anjing yang pemalu atau agak tidak bersahabat dengan orang asing, maka tugas Anda untuk melindunginya dari orang-orang yang terlalu bersemangat menyapa anjing Anda. Jangan takut untuk memberitahu mereka karena semakin banyak interaksi negatif yang dialami anjing Anda dengan manusia, maka semakin memperparah masalah perilaku yang dimilikinya. Selain itu, juga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.


Trimakasih sudah membaca
Share:

0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered By Blogger

Menyayangihewan

Powered by Blogger.